Basecamp Ilkomerz Ceria

cerita sehari-hari mahasiswa ilkom

oke, melanjutkann postingan saya sebelumnya tentang website review, kali ini saya akan mengulas tentang web usability dari website www.mobil123.com. oke kita mulai saya reviewnya...

1. Accessibility

Accessibility maksudnya sistem dapat digunakan dengan mudah oleh user dari berbagai kalangan tanpa memperhatikan skill dari user. Pada web yang saya ulas, sebagai user saya agak kurang mengerti dalam menjalankan fungsi serach. dibawah ini merupakan kotak box dari search :

kesalahan :

Jika kita melihat kotak box diatas mungkin kita sebagai user yang pertama kali menggunakan web tersebut akan merasa kebingungan dengan pilihan raqdio button "/bulan" atau "/tahun". Disini belum jelas maksud dari pilihan tersebut sehingga masih membinggungkan user. Selain itu pilihan "Silinder CC" juga masih membinggungkan bagi user yang tidak punya pengalaman tentang otomotif sama sekali

Saran :

- Sebaiknya diberi keterangan lebih jelas maksud pilihan seach yang mungkin akan membingungkan user. Keterangan tersebut harus bisa terlihat oleh user sehingga dalam mengisikan menu seach user tidak keliru, opsinya adalah memberi warna yang mencolok dan berbeda dari latar sehingga keterangan bisa dibaca.

- Untuk bagian menu "Silinder CC" mungkin bisa diganti dengan dropdown list dengan default semua pilihan sehingga user yang tidak mengerti tidak terlalu kebinggungan.


2. Availability

availibilty maksudnya semua konten, tombol, text, menu dan segalanya terlihat dan dapat diakses oleh user. Web www.mobil123.com masih kurang memperhatikan masalah availibilty. Kesalahan pada web ini adalah, adanya menu yang seharusnya penting tetapi tidak diletakkan pada halaman awal web, seperti fungsi login dan register.








Menu login dan register diatas hanya bisa dilihat setelah kita memilih menu login pada halaman utama web. Seharusnya menu tersebut langsung saja diletakkan di menu utama sehingga user bisa mengetahui bahwa dalam web ini juga bisa menggunakan fungsi login dan register.


3. Visibility

Banyak sekali menu-menu ataupun fungsi-fungsi pada web ini yang penting dan seharusnya bisa terlihat oleh user tetapi malah tidak terlihat sehingga user tidak mengetahui adanya fungsi tersebut. Beberapa kesalahan dari web ini adalah :



kesalahan :

- tombol search yang ada di web tersebut belum mencerminkan tombol, sehingga user banyak terkecoh dan mengira itu hanya gambar saja.

- gambar iklan yang ada di kotak seach merupakan tombol untuk memasukkan iklan.

- tombol pasang iklan juga kurang mencerminkan tombol.

saran :

buat tombol seakan-akan itu tombol yang bisa di klik, sehingga user bisa menggunakannya. Jangan menggunakan image yang bisa di klik, biarkan image sebagai image saja, dan jika ingin bisa di klik buat tombol.


4. Efficiency


Web yang baik harus memperhatikan segi efektifitas dan efesiensi sehingga user yang menggunakan tidak terlalu membuang waktu dalam menggunakan fungsi-fungsi yang ada. Saya melihat ada beberapa hal yang seharusnya lebih diperhatikan dari segi efisiensi dari web yang saya bahas.


Kesalahan :

Pada web ini pencarian mobil bekas, mobil baru, motor bekas dan motor baru dibedakan berdasarkan menu tab, sehingga jika kita ingin melakukan search mobil kita harus ke menu mobil padahal jika dilihat pada box pencarian semua criteria yang digunakan untuk pencarian antara semua menu tersebut sama. Karena hal tersebut lebih efisien jika semua menu digabungkan sehingga mengurangi langkah dari user jika ingin menggunakan.


Saran :
Gabungkan semua tab pencarian, tambahkan criteria jenis pencarian, dapat berupa radio button ataupun dropdown list yang isinya berupa jenis pencarian (mobil atau motor).


5. Scroling

Dalam menggunakan scroll kita harus berhari-hati karena ha tersebut bisa saja malah membuat user tidak mendapat informasi yang diinginkannya karena rata-rata user hanya melihat bagian atas web dan jarang ingin membaca keseluruhan isi web yang menggunakan scroll yang panjang. Web ini memiliki kesalahan dalam menggunakan scroll, yaitu pada halaman utama dan juga pada halaman hasil pencarian. jika kita melakukan search maka web akan menampilkan hasil pencarian kita sebanyak 20 buah per page. Hal ini menimbulkan menumpuknya informasi pada satu page sehingga menjadikan page tersebut memiliki scroll yang panjang.

Saran :

Jangan menggunakan scrolling telalu panjang, usahakan user ditak mengalami kesulitan dalam melihat semua hasil dari pencarian. Penggunaan paging sudah bagus sehingga memudahkan user dalam melihat kembali hasi pencarian jika hasil terlalu banyak.


6. Simplicity

Simple bukan berarti tidak bagus atau kurang menarik. Salah satu point penting dalam pembuatan interface pada system adalah simplicity. Sistem yang bagus seharusnya menampilkan interface yang simple dan menarik, baik itu dari segi konten, menu, ataupun penempatan menu dan konten tersebut. Usahakan sebisa mungkin membuang hal-hal yang seharusnya tidak perlu dalam interface sehingga tampilan system lebih simple dan disukai user. Web www.mobil123.com menurut saya kurang simple dan memiliki kesan terlalu ramai. Hal ini terlihat dari pertama kali saat memasuki halaman web, terlihat terlalu banyak iklan yang ditampilkan dan penempatannya pun kurang sesuai sehingga user menjadi kurang tertarik.



Dari gambar diatas bisa dilihat kalau iklan yang ada di dalam web ini terlalu banyak, padahal seharusnya hal ini bisa dikurangi. Hampir 50% isi dari web ini adalah iklan, sebanding dengan konten dari web nya sendiri. Sebagai user yang menggunakan web ini, seharusnya konten-konten dari web yang ditonjolkan bukannya iklan. Selain itu penempatan iklan ada disebelah kanan yang membuat isi dari web berkurang. Belum cukup dengan iklan disebelah kiri, iklan juga dimasukkan diantara menu yang ada disebelah kanan, sehingga box menu yang ada disebelah kanan terpisah oleh iklan.

Saran :

Seharusnya iklan-iklan yang ingin ditampilkan disatukan dalam satu tempa jangan tersebar sehingga user yang melihat tidak terlalu risih atau terganggu. Iklan seharusnya diletakkan dibagian bawah web, sehingga konten asli web bisa berada di tengah-tengah.

ZoundryDocument

sekian review dari web www.mobil123.com yang saya lakukan. Mungkin masih banyak lagi masukan-masukan yang dapat diberikan untuk membangun web ini menjadi lebih baik. Semoga kritikan dan saran dari saya bisa membantu.

terimakasih...

Referensi :

Galitz, Wilbert O. The Essenstial Guide to User Interface Design. 2007. Indianapolis : Wiley Publishing, Inc.


Halaman terkait :

www.mobil123.com

http://miftahudiny07.student.ipb.ac.id/

website review part 1


8 komentar:

Website ini terbilang cukup menarik sebagai fasilitas berjualan. Beberapa button sudah cukup usable, tapi terdapat beberapa yang kurang clickable.
Good review overall, matt :)

Website ini pada waktu pertamakali melihat sangat colourfull, terlalu banyak content yang diisi pada halaman pertama, dan juga tata letak dari iklan yang kurang bagus sehingga membuat pengguna agak pusing.
Good Posting :)

Fanny Risnuraini
http://fannyr07.student.ipb.ac.id/
http://mysweetgirlz.blogspot.com

mat...
kok di gw gak muncul ya gambar-gambar di post ini??

websitenya "WOW"
mudah2an isinya juga....

websitenya terlalu rame boz..,
salam kenal:taufiq-gfm45

Pemilihan warna dari situs ini bisa membuat user tidak tertarik untuk mengunjungi. Paduan warna yang bagus sangat dibutuhkan karena web usabilty juga harus melihat aesthetic dari designnya (Nielsen, 1994)

Visit my blog larasm07.student.ipb.ac.id

good job,

nice info ,,..hope i'll get a lot of information on your site..
regards

Posting Komentar

Pendapat Kamu

About Me....

About Me....
Blog yg gw buat ini menceritakan kehidupan sehari-hari gw. Walaupun kehidupan gw biasa2 aj, tapi gw bakalan melihat hidup gw dari segi yg lebih menarik. Makanya cerita gw agak heboh dan kocak. hidup ini cuman sementara dan hanya sekali.. jadi buat ap kita menyesali ap yang kita jalani... buatlah hidup ini lebih ceria dan berarti!!!! (^0^)

Bogor Agricultural University

Bogor Agricultural University
Bogor Agricultural University

Pengikut

Daftar Blog Saya